Image of Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Text

Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)



BAB 1
Anda dan Pendidikan Anak Usia Dini: Menjadi Seorang Ahli 2
Siapa yang Dimaksud dengan Ahli Pendidikan Anak Usia Dini? 3
Tujuan Pengembangan Profesional 4
Tujuan 1: Pengetahuan Tentang Isi Pelajaran 4 Tujuan 2: Pengetahuan Tentang Pendidikan 5
Mengapa Harus Peran Keberagaman? 9
Tujuan 3: Pengetahuan Profesional 9
Tujuan 4: Kualitas Profesional 14
Jalan Menuju Pengembangan Profesional 17
Mengapa Harus Peran Teknologi? 24
Menggunakan Daftar Cek Pengembangan Profesional 24
Kegiatan Pengembangan Profesional 25
Dilema Etis 25
Kegiatan yang Dapat Diterapkan 25

BAB 2
Pendidikan Anak Usia. Dini Kini: Memahami Persoalan-Persoalan Saat Ini 31
Persoalan-Persoalan yang Bexxx
Tujuan dan Prinsip-Prinsip Utama Model High/ Scope 101
Lima Unsur Model High/Scope 105
Rutinitas Harian yang Mendukung Pembelajaran Aktif 108
Manfaat 107
Metode Montessori 110
Peran Guru Montessori 111
Penerapan Metode Montessori 111
Montessori clan Praktik-Praktik Kontemporer 115
Reggio Emilia 116
Kepercayaan-Kepercayaan Tentang Anak dan Cara Anak Belajar 116
Pendidikan Waldorf: Otak, Tangan, dan Hati 119
Prinsip-Prinsip Dasar 120
Waldorf dalam Konteks 121
Program Negara Untuk Anak Usia Dini 121
Head Start 122
Head Start Dini 127
Program Pendidikan Anak Usia Dini clan Anda 127
Kegiatan Pengembangan Profesional 128
Dilema Etis 128
Kegiatan yang Dapat Diterapkan 128

BAB 5
Standar dan Anda:
Mengajari Anak Belajar 129
Apa yang Dimaksud dengan Standar? 130
Mengapa Standar Diperlukan? 130
Laporan Nasional 133
Diskusi NCLB 133
Standar Pendidikan Anak Usia Dini NAEYC 134
Penilaian yang Tepat 134
Mengapa Standar Penting? 139
Bagaimana Standar Proses Mengubah Pengajaran dan Pembelajaran? 140
Standar dan Pengajaran 144
Standar Nasional 146
Persoalan-Persoalan Seputar Standar 154
Kegiatan Pengembangan Profesional 155
Dilema Etis 155
Kegiatan yang Dapat Diterapkan 155

BAB 6
Mengamati dan Menilai Anak Usia Dini: Membimbing, Mengajar, dan Belajar 157
Apa yang Dimaksud dengan Penilaian? 158
Mengapa Penilaian Penting? 159
Apa yang Dimaksud dengan Penilaian Autentik? 160
Penilaian Formal 162
Penilaian Informal 163
Menggunakan Observasi Untuk Menilai 164
Tujuan Observasi 164
Langkah-langkah Pelaksanaan Observasi 165
Daftar Cek 172
Menggunakan Portofolio Untuk Menilai 174
Prosedur Penyaringan 176
Instrumen Penyaringan 176
Memberi Laporan dan Berkomunikasi dengan Orang Tua dan Keluarga Anak 177
Penilaian dalam Konteks 177
Apa Saja Persoalan yang Muncul dalam Penilaian Anak? 178
Penilaian dan Pertanggungjawaban 179
Sistem Laporan Nasional Head Start 179
Ujian Berisiko Tinggi 180
Kegiatan Pengembangan Profesional 181
Dilema Etis 181
Kegiatan yang Dapat Diterapkan 181

BAB 7
Bayi dan Balita:
Masa-Masa Penting untuk Pembelajaran 483
Seperti Apakah Bayi dan Balita Itu? 184
Otak Anak: Dasar 185
Alain, Asuhan, dan Perkembangan 188
Perkembangan Sosial dan Emosional 189
Perilaku Sosial 190
Kedekatan clan Hubungan 190
Perkembangan Kepribadian dan Watak 191
Perkembangan Gerak 193
Perkembangan Kognitif 194
Tahap-Tahap Kecerdasan Sensorimotor 194
Perkembangan Bahasa 197
Keturunan dan Perkembangan Bahasa 197
Teori-teori Perkembangan Bahasa 197
Urutan Perkembangan Bahasa 198
Program yang Sesuai dengan Perkembangan Bayi dan Balita 201
Praktik Pengajaran yang Sesuai dengan Multikulturalisme 204
Mempersiapkan Lingkungan yang Mendukung Perkembangan Bayi dan Balita 204
Menyediakan Lingkungan yang Sehat dan Aman 204
Memenuhi Kebutuhan Perkembangan 206
Memberikan Lingkungan yang Menantang 206
Meningkatkan Interaksi clan Perkembangan Sosial yang Saling Menghargai 206

Mendukung Keikutsertaan Aktif 206
Kurikulum untuk Bayi dan Balita 207
Mendukung Perkembangan Bahasa 207
Memberikan Kegiatan Rutin 210
Kesehatan Mental Bayi 211
Apa yang Dimaksud dengan Kesehatan Mental Bayi? 212
Potret Anak 212
Kegiatan Pengembangan Profesional 213
Dilema Etis 213
Kegiatan yang Dapat Diterapkan 213

BAB 8
Masa Prasekolah:
Bersiap untuk Sekolah dan Kehidupan 217
Apa yang dimaksud dengan Prasekolah? 218
Popularitas Prasekolah yang Semakin Meningkat 218
Seperti Apa Siswa Prasekolah? 220
Perkembangan Fisik clan Motorik 221
Perkembangan Sosial dan Emosional 221
Pengaturan Diri 222
Perkembangan Kognitif 222
Perkembangan Bahasa 223
Siap Belajar: Siap Bersekolah 223
Kemampuan Bersiap 223
Kesiapan dan Budaya 228
Prasekolah dan Standar Negara 231
Lingkungan Prasekolah 231
Kurikulum Prasekolah 234
Permainan dalam Program Prasekolah 234
Jenis Permainan 236
Tenaga ON dan Permainan Anak Usia Dini 238
Jadwal Harian Prasekolah 241
Peralihan Sukses ke Taman Kanak-Kanak 246
Potret Anak 246
Kegiatan Pengembangan Profesional 247
Dilema Etis 247
Kegiatan yang Dapat Diterapkan 247

BAB 9
Taman Kanak-Kanak (TK) Saat Ini:
Memenuhi Kebutuhan Perkembangan dan Akademis 1253
Sejarah Pendidikan Taman Kanak-Kanak 252
Friedrich Froebel 252
Margarethe Schurz 253
Elizabeth Peabody 253
Susan Blow 253
Patty Smith Hill 253
Seperti Apa Siswa Taman Kanak-Kanak? 253
Perkembangan Fisik 254
Perkembangan Sosial clan Emosional 254
Perkembangan Kognitif can Bahasa 255
Siapa Saja yang Masuk Taman Kanak-Kanak? 255
Taman Kanak-Kanak Universal 256
Taman Kanak-Kanak Saat Ini 256
Taman Kanak-Kanak yang Berubah 257
Lingkungan untuk Taman Kanak-Kanak 257
Lingkungan Fisik 257
Lingkungan Sosial 259
Kurikulum di Taman Kanak-kanak 259
Kemampuan Baca Tulis dan Membaca di Taman Kanak-kanak 260
Matematika di Taman Kanak-Kanak 267
Sains di Taman Kanak-Kanak 268
Ilmu Sosial di Taman Kanak-Kanak 268
Seni di Taman Kanak-Kanak 273
Dukungan bagi Pendekatan Anak terhadap Pembelajaran 274
Isu Taman Kanak-Kanak 275
Penangguhan 276
Tes Berisiko Tinggi untuk anak TK 277
Usia Masuk Taman Kanak-Kanak 279
Potret Anak 279
Kegiatan Pengembangan Profesional 279
Dilema Etis 279
Kegiatan yang Dapat Diterapkan 282

BAB 10
Kelas 1-3 Sekolah Dasar:
Persiapan Untuk Hidup 283
Anak di Sekolah Dasar: Pertumbuhan dan Perkembangan 285
Perkembangan Fisik 286
Perkembangan Sosial 288
Perkembangan Emosi 288
Perkembangan Kognitif 291
Perkembangan Moral 292
Sekolah Dasar Masa Kini 292
Pendidikan Prososial dan Penyelesaian Konflik 296
Pendidikan Karakter 298
Pengajaran Pemikiran 298
Lingkungan yang Mendukung Pemelajaran 300
Lingkungan Fisik 301
Lingkungan Sosial 303
Kurikulum Sekolah Dasar Awal 304
Kemampuan Baca Tulis clan Membaca di Sekolah Dasar Awal 304
Matematika di Sekolah Dasar Awal 305
Sains di Sekolah Dasar Awal 307
Ilmu Sosial di Sekolah Dasar Awal 310
Seni di Sekolah Dasar Awal 310
Potret Anak 310
Kegiatan Pengembangan Profesional 314
Dilema Etis 314
Kegiatan yang Dapat Diterapkan 314

BAB 11
Mendidik Anak dengan Kebutuhan Khusus dan Berbagai Latar Belakang:
Memastikan Semua Anak Dapat Belajar 315
Anak dengan Keterbatasan 316
Individuals with Disabilities Education Act (IDEA) 316
Anak-Anak dengan Autisme 326
Anak-Anak Penderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) 329
Strategi Mengajar Anak dengan Keterbatasan 330
Anak-Anak Berbakat dan Bertalenta 330
Mendidik Anak-Anak Berbakat 330
Pendidikan untuk Anak dengan Beragam Latar Belakang 333
Kesadaran Multikultural 334
Masukan Multikultural 335
Kegiatan Pengembangan Profesional 341
Dilema Etis 341
Kegiatan yang Dapat Diterapkan 341

BAB 12
Membimbing Perilaku Anak:
Membantu Anak Berperilaku Baik 343
Mengapa Membimbing Perilaku Anak? 344
Apa yang Dimaksud dengan Membimbing Perilaku? 345
Pendekatan Konstruktivis Sosial untuk Membimbing Perilaku 345
Langkah 1: Gunakan Pendekatan Konstruktif Sosial Untuk Membimbing Perilaku 345
Langkah 2: Jelaskan Keyakinan Anda Mengenai Bimbingan Perilaku 349
Langkah 3: Ketahui dan Gunakan Praktik yang Sesuai dengan Perkembangan 350
Langkah 4: Penuhi Kebutuhan Anak 350
Langkah 5: Bantulah Anak Membangun Perilaku Baru 352
Langkah 6: Berdayakan Anak 355
Langkah 7: Bangun Harapan yang Sesuai 356
Langkah 8: Aturlah dan Ubahlah Lingkungan 357
Langkah 9: Beri Teladan Perilaku yang Tepat 359
Langkah 10: Hindari Masalah 362
Langkah 11: Bangun Kemitraan dengan Orang Tua, Keluarga, clan Pihak Lain 362
Langkah 12: Kenali dan Hargai Hak-Hak Dasar 362
Langkah 13: Ajarkan Kehidupan dan Pembelajaran Kooperatif 363
Langkah 14: Gunakan clan Ajarkan Manajemen Konflik 363
Melihat Ke Depan 367
Kegiatan Pengembangan Profesional 369
Dilema Etis 369
Kegiatan yang Dapat Diterapkan 369

BAB 13
Orang Tua Keluarga, dan Masyarakat:
Menjalin Kemitraan demi Keberhasilan Siswa
Pandangan Baru Mengenai Keterlibatan Orangtua/ Keluarga dan Masyarakat 372
Perubahan Orang Tua dan Keluarga: Perubahan Keterlibatan 373
Kakek dan Nenek Sebagai Orangtua 374
Keterlibatan Orang Tua/ Keluarga: Apa Ma ksud nya? 375
Pendidikan Sebagai Urusan Keluarga 376
Pengajaran Berbasis Keluarga 376
Program Keluarga Dua Generasi dan Antargenerasi 380
Keterlibatan Pemerintah Federal dan Orang tua 381
Kegiatan untuk Melibatkan Keluarga 382
Melakukan Kunjungan Rumah 385
Mengadakan Konferensi Orangtua-Guru 387
Melakukan Kontak dengan Telepon 388
Berkomunikasi dengan Orangtua Melalui
Internet 388
Melibatkan Keluarga dengan Orangtua Tunggal 388
Melibatkan Orangtua dan Keluarga Berbahasa Minoritas 390
Keterlibatan Masyarakat 392
Keterlibatan Bisnis-Sekolah 392
Organisasi Nasional 393
Koneksi Website 393
Tantangan 393
Kegiatan Pengembangan Profesional 394
Dilema Etis 394
Kegiatan-kegiatan yang Dapat Diterapkan 394

Apendiks:
Kode Etik NAEYC dan Pernyataan Komitmen 395

Catatan Kaki 403

Glosarium 411


Ketersediaan

00375ST 372.01 MOR d c.1Tersedia
00688ST 372.01 MOR d c.2Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
ST 372.01 MOR d c.1
Penerbit PT Indeks : .,
Deskripsi Fisik
20 x 25 cm ; 416hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
97801332231296
Klasifikasi
372.01
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 5
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this